" "
Selamat datang di Webblog/Blog Resmi BPBD Kabupaten Cianjur, Jl. Raya Cibeber Km 02 Pasirsembung Cianjur - Telpn/Fax:(0263)282 400 - E-mail: sghmukti1127@gmail.com

30 Maret 2013

Sungai



Sungai Citarum merupakan sungai utama yang mengalir ke bagian utara dengan beberapa anak sungainya di Kabupaten Cianjur antara lain Sungai Cibeet, Sungai Cikundul, Sungai Cibalagung, dan Sungai Cisokan. Sungai-sungai tersebut membentuk sub-DAS yang merupakan bagian dari DAS Citarum yang bermuara di Laut Jawa. Di bagian selatan terdapat Sungai Cibuni, Sungai Cisokan, Sungai Cisadea, Sungai Ciujung, dan Sungai Cilaki yang merupakan sub – DAS Cibuni – Cilaki yang bermuara di Samudera Indonesia. Sungai Cibuni Sungai Cibuni adalah sungai yang melewati Kabupaten Cianjur dengan luas Daerah Aliran Sungainya sebesar 279,4 km2 merupakan potensi sumber daya air yang dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan oleh penduduk, antara lain : untuk air minum, irigasi, dan penggelontoran. Curah hujan setiap tahunnya cukup tinggi yaitu antara 2239 mm sampai 5779 mm. 

Hulu sungai yang terletak di Kecamatan Pagelaran ini melewati beberapa kecamatan, dari mulai kecamatan Pagelaran, Kec. Tanggeung , Kadupandak,Agrabinta dan berakhir di Kec. Sindang Barang, dengan panjang lebih kurang 127 km. lalu bermuara di Laut Selatan, atau Samudra Hindia atau Samudra Indonesia

Sungai Cibuni
Aliran Sungai Secara geografi, Sungai Cibuni ber hulu di hutan Tjipelah Berbatasan dengan desa Padasuka yang masuk dalam Wilayah Kecamatan Pagelaran, kemudian mengalir ke arah barat daya melalui wilayah Pagelaran, Kecamatan Tanggeung, kemudian wilayh Kecamatan Kadupandak, bahkan sungai inni menjadi Pembatas wilayah antara kecamatan kadupandak dan Cibinong, kemudian berbelok ke arah selatan menuju wilayah Kecamatan Agrabinta, dan mengalir terus ke arah tenggara menuju Wilayah Kecamatan Sindang Barang dan berakhir di Muara pantai Selatan tepatnya di Samudra Indonesia.



Selanjutnya, sebagai illustrasi keberadaan sungai-sungai/daerah aliran sungai di Kabupaten Cianjur, sebagaimana tabel berikut:




Tidak ada komentar :

Posting Komentar